Senin, 04 Agustus 2008

iQ

iQ
Konsep ini mendobrak pola pikir lama, dengan menghasilkan mobil berukuran kecil tapi interior lega dan fitur-fiturnya berkualitas tinggi. Studio disain Toyota di Eropa, ED2 yang terletak di Selatan Prancis menerjemahkan prinsip-prinsip filosofi disain 'vibrant clarity' menjadi iQ yang terlihat modern, futuristik, cerdas, energik dimana fungsi dan kegunaannya terlihat jelas.
Toyota berhasil menciptakan mobil kompak yang sangat efisien dalam penggunaan ruang dan dirancang untuk memenuhi gaya hidup kota-kota metropolitan Eropa dengan tetap peduli terhadap lingkungan. iQ Concept memperkuat komitmen Toyota untuk mengurangi emisi kendaraan lewat disain inovatif. Ukurannya yang kecil menjadi alternatif solusi masalah-masalah yang ditimbulkan kepadatan kota.
Menyelaraskan dua kutub menjadi satu kesatuan utuh merupakan bagian paling penting dalam iQ Concept. Dengan ukuran panjang kurang dari tiga meter, iQ menggunakan pendekatan radikal dalam disain dan packaging kendaraan. Dengan ukuran yang sangat kompak, mobil ini bisa mengakomodasi tiga orang dewasa plus ruang barang yang bisa dipakai untuk kursi ke empat, untuk anak-anak.
Kompak, canggih
Disain eksterior iQ sederhana dengan sosoknya yang lebar menghasilkan kesan kokoh, dan kuat. Dari samping, overhang (jarak dari sumbu roda ke ujung bumper) yang sangat pendek  dan kabin yang maju, menghasilkan kesan dinamis sekaligus memaksimalkan pengunaan ruang didalam kabin. Dengan alloy wheel 17 inci, overhang pendek menghasilkan kesan kuat dan lincah. Di dalamnya, panel instrumen dengan bentuk-bentuk gemotris sederhana ikut membentuk kesan terbuka pada keseluruhan interior.

Toyota iQ adalah mobil konsep empat penumpang paling kecil di dunia. Dengan panjang 2.980 mm,  berarti 425 mm lebih pendek dari Toyota Aygo, tapi lebar dan tingginya sebanding dengan Yaris  yaitu 1.680 x 1.480 mm. Mobil ini memiliki tiga kursi dewasa dan satu untuk anak-anak. Dalam penggunaan biasa, pengemudi dan penumpang duduk berdampingan. Dengan menggeser kursi penumpang ke depan, maka tersedia tambahan untuk satu penumpang dewasa dan anak-anak.
Disain hemat ruang seperti itu membantu menciptakan interior yang lega. Ditambah miniaturisasi teknologi seperti unit pemanas yang sangat kompak yang membutuhkan ruang jauh lebih kecil  di center console. Indikator kecepatan, putaran mesin dan bahan bakar menyatu. Kontrol audio dan navigasi diletakkan di palang kemudi dan informasi rute diproyeksikan sebagai head-up display.
Panoramic glass sunroof memberi kesempatan cahaya masuk lebih banyak dan menciptakan kesan terbuka dan terang dan dimalam hari lebih gelap dan misterius. 
Ukurannya yang kecil tidak berkompromi dengan safety. Konstruksi kabin dibuat sangat kuat untuk menyerap energi benturan secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes