Sabtu, 02 Januari 2010

"Dubai" Punya Menara Teringgi Di Dunia

menara,monumen,arab
Menurut anda menara tertinggi di dunia saat ini apa? Apakah Monumen Nasional(Monas) di Jakarta, Monumen Petronas di Kuala Lumpur? Kalaupun salah satu dari menara tersebut menjadi menara tertinggi di dunia, maka pada senin besok akan ada menara baru yang akan menyaingi menara-menara tersebut. Rencananya Senin besok akan diresmikan menara 'Burj al-Imarat' di kota Dubai, UEA.

Tender proyek pembangunan gedung tersebut ditangani oleh perusahaan kontraktor Imar, yang separuh sahamnya dimiliki oleh pemerintahan Emirat. Gedung yang berdiri gagah berbalut lapisan logam dan kaca itu sendiri masih belum dipastikan kadar ketinggiannya. Namun, pihak kontraktor menegaskan tingginya lebih dari 800 meter.

Kantor berita berbahasa Arab Alarabiya (2/1) melansir, angka pasti ukuran ketinggian gedung al-Imarat akan diumumkan pada hari peresmian. Gedung dan menara itu sendiri terdiri dari 160 tingkar, berdiri di atas tanah seluas 330 ribu meter kubik dan berbobot 31400 ton serta 57 lift.

Biaya pembangunan gedung ini, yang dapat dilihat dari kejauan 95 KM, pada awal mula anggaran proyeknya mencapai 1 juta dolar. Beberapa surat kabar dalam negeri Emirat melansir, biaya pembangunannya melebihi angka tersebut.(eramuslim.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes