Rabu, 09 Februari 2011

8 Masalah Sepele Penyebab Komputer Rusak

Komputer rusak ato error memang bener2 bikin kita pusing, apalagi kalo kerusakan komputer tersebut terjadi saat kita membutuhnya. Saat bikin sekripsi, saat ngerjain tugas kantor ato kampus..... wah mesti pusing banget dech. Tapi ndak papa...jadikan pengalaman saja. Kalo misalnya dulu saat komputer rusak, kita harus mengeluarkan kantong (read : uang) untuk memperbaiki komputer ke tukang teknisi. Tapi tuk sekarang kita bisa memperbaiki sendiri tanpa menelepon tukang teknisi dulu.



Berikut beberapa troubelshotting / permasalahan komputer yang dapat kita perbaiki sendiri sebelum kita serahkan komputer ke pihak teknisi. Walaupun artikel ini terasa jadul...tapi semoga bisa membantu temen2 yang ingin mengoprek-oprek (read : memperbaiki) komputer secara mandiri. Ini dia artikelnya





Kerusakan pada VGA Card, RAM Biasanya bisa kita kenali kalau terjadi bunyi deep lebih dari 2 kali. Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah, caranya coba keluarkan VGA Card / RAM kemudian pasang di sloth yang lain, bila tidak terdengar bunyi deep lebih dari 2 kali lagi berarti komputer masih bisa berjalan dengan normal, tapi kalo masih mendengarkan bunyi deep berarti VGA Card / RAM perlu diganti.

Motherboard bermasalah, solusi yang harus kita tempuh ketika motherboard bermasalah diantara :

  • Periksa semua konektor, untuk memastikan bahwa tidak ada satu konektor pun yang terlepas atau tidak tertancap dengan benar.
  • Periksa semua komponen yang melekat. Ini penting untuk memdeteksi, apakah pemasangan prosesor, RAM, VGA Card sudah benar atau belum. Juga untuk memastikan bahwa secara fisik IC-IC di dalam motherboard tidak mengalami kerusakan atau terlepas.
  • Periksa sumber listrik yang masuk melalui power suplay. Untuk memastikannya, periksa dulu suplai listrik dari jala listrik, lalu periksalah output listrik pada kabel-kabel power suplay dengan menggunakan multimeter.
  • Periksa, adakah barang-barang asing yang menggangu jalur motherboard. Kabel, sekrup, kotoran, juga debu bisa mempengaruhi nafas kehidupan motherboard. Gangguan semacam ini dapat mengakibatkan konslet.
  • Periksa jumper-jumper, DIP switch, atau pin-pin pengatur setiap fitur dengan teliti dan benar. Pastikan bahwa Anda mengacu pada buku manual jangan menggunakan ilmu hafalan.Setting yang salah bisa membuat motherboard Anda tak mau hidup.
  • Periksa bagian-bagian motherboard yang melekat pada casing. Hubungan pendek akibat penguncian tanpa isolator antara casing, sekrup pengunci dengan motherboard akan membuat listrik terhenti setiap kali tombol power ditekan.
VGA Card baru tidak mau berfungsi. Solusinya uninstall dulu driver VGA Onboard kemudian matikan/disable VGA Onboard. Biar bisa berfungsi masukkan VGA Add On ke slot AGP ato PCI kemudian hidupkan komputer, insya Allah VGA Card bisa berfungsi dan jangan lupa install driver VGA-nya. (solusi ini juga berlaku saat masang Sound Card baru).

Sistem tidak bekerja ketika prosesor diganti. Agar sistem mau bekerja kembali, ada dua cara yang bisa ditempuh.

  • Cara pertama adalah masuk ke sistem BIOS dan menganti FSB yang dipakai dari 133 MHZ manjadi 100 MHz. Ini dengan catatan kalau sistem motherboard dan prosesor anda masih bisa mentolerir penggunaan FSB yang jauh lebih tinggi dibanding yang dipakai.
  • Cara lain adalah melakukan clear CMOS. Apabila langkah ini sudah dilakukan. Masuklah ke menu BIOS Anda dan pastikan FSB yang dipakai sudah sesuai dengan FSB yang bekerja pada prosesor Anda. Langkah ini dijamin manjur untuk mengatasi masalah yang semacam ini.
Sistem tidak bekerja meski semua power sudah terpasang. Bisa jadi masalah ini muncul lantaran beberapa penyebab.
  • Pertama periksa apakah ada aliran listrik yang masuk pada motherboard. Indikasi adanya arus listrik yang mengalir ini ditandai dengan lampu LED yang menyala.
  • Kedua, kemungkinan power suplay yang tidak terlalu bagus, artinya daya power suplay tidak kuat untuk mengangkat device2 yang melekat dalam komputer.
  • Penyebab ketiga yang mungkin adalah tidak terpasangnya kartu grafis dengan benar. Untuk mengatasinya, anda bisa memperbaiki posisi pemasangan. Usahakan agar posisinya tegak lurus terhadap motherboard.
  • Penyebab keempat yang sering tidak terbayang adalah rusaknya tombol power atau koneksinya yang menghubungkan front panel dengan tombol power pada casing depan. Ini menyebabkan anda tidak dapat menyalakan sistem meski semua terpasang dengan benar.
Sistem tidak bekerja karena hardisk tidak terdeteksi. Kesalahan sendiri terjadi bukan pada motherboard-nya, tetapi pada kabel data yang Anda gunakan. Kesalahan ini biasanya muncul karena Anda menggunakan port secondary dan bukan port primary meskipun Anda tidak menggunakannya buat CD-ROM atau drive lain.

Ketika booting sistem nyatakan disk fail. Masalah ini muncul kalau Anda tidak memiliki floppy drive sementara pada BIOS fitur ini masih difungsikan. Cara satu-satunya adalah masuk ke menu BIOS dan matikan fitur yang satu ini.

BIOS yang terkunci Password, cara mengatasinya copot baterai CMOS, biar setting BIOS kembali default. selain itu ada cara yang lebih gampang yaitu ambil jumper(kalo ndak salah dekat CMOS...) kemudian pasang lagi.Info lebih lanjut lihat disini

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes