Selasa, 01 Juli 2008

Aki dan Mesin yang Tidak Kuat START

Satu edisi sebelum ini Tips and Trik AstraWorld mengulas masalah kebiasaan sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir. Gara-gara lupa mematikan lampu kecil, batterai / aki menjadi tekor sehingga tidak kuat starter.
Memang, ulasan di edisi itu hanya memfokuskan kebiasaan untuk selalu memeriksa ulang sebelum meninggalkannya di tempat parkir. Untuk melengkapi ulasan mengenai aki yang tidak kuat di-starter, dan apa saja yang harus kita perhatikan agar aki terawat dengan baik, AstraWorld kembali mempublikasikan tips and trik yang pernah mengulas pertanyaan-pertanyaan seputar ketidakmampuan aki menyimpan setrum.
Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Mestinya air aki selalu terjaga dan berada diantara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).

Bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung -- harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya memicu konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.
Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.
Sekali lagi, untuk mencegah mesin tidak kuat starter, ada tiga hal penting yang perlu kita perhatikan:
- Periksa air aki secara periodik.
- Periksa terminal-terminal aki.
- Periksa kabel-kabel aki.
Ingat, daya tahan dan kekuatan aki sangat dipengaruhi perawatan. Biasanya, dalam enam bulan aki sudah mulai bermasalah (tidak dapat menyimpan tegangan dalam waktu yang lama). Dengan perawatan yang baik dan tepat, masa pakainya bisa lebih dari enam bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes