Selasa, 01 Juli 2008

Waspada, Intervensi Sistem Pengapian Terhadap Audio!


Audio sudah jadi perlengkapan standar sebuah kendaraan. Manfaatnya memang sangat banyak. Selain sebagai sumber informasi, radio/tape juga berguna untuk menemani dan menghibur tiap pengendara saat melaju di jalan raya.
Namun, apa jadinya bila yang keluar dari sistem audio tidak terdengar jelas? Ada noise, gangguan saat menyetel tape atau radio. Suara gangguannya macam-macam. Ada yang terdengar bunyi melengking. Ada juga yang mendengung. Anehnya, suara yang mengganggu telinga kita itu makin terdengar jelas ketika pedal gas kita injak semakin keras.
Bila sudah demikian, segera periksa sistem pengapian mobil Anda. Kemungkinan besar, sumber gangguan berasal dari situ. Teknisi biasa menyebutnya dengan storing. Storing bisa muncul apabila terjadi kebocoran pada sistem pengapian mobil.
Istilah `bocor` digunakan karena memang tegangan yang mengalir melalui sistem pengapian, tidak tersalur sepenuhnya ke busi. Melainkan, keluar ke tempat lain. Saat keluar tegangan tersebut berinteraksi dengan body mesin.
Interaksi itu sangat mungkin terjadi mengingat tegangan dari sistem pengapian mengandung muatan listrik positif (+), sementara body mesin negatif (-). Selain itu, tegangan yang ada pada sistem pengapian sangat besar: sekitar 20 ribu volt. Interaksi inilah yang kemudian menimbulkan gelombang listrik.
Nah, gelombang listrik yang terbentuk itulah yang mengintervensi kerja sistem audio. Gangguan suara makin terdengar jelas bila pedal gas kita injak kian keras. Karena, besar kecilnya putaran mesin mempengaruhi interaksi antara tegangan dari sistem pengapian dan body mesin.
Kurang mengenakkan memang. Untuk memperbaikinya, mudah. Periksa koil, kabel busi atau busi. Kebocoran pada sistem pengapian kemungkinan dipicu oleh tiga komponen ini. Barangkali, komponen-komponen tersebut ada yang aus sehingga tegangan listrik tidak tersalur dengan baik. Bila terbukti aus, tidak usah ragu untuk mengganti dengan yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes