Senin, 03 Mei 2010

Piggyback yang gampang dan murah ... (BAGIAN 5)

Menanggapi permintaan dari pembaca blog ini yang menanyakan apakah rangkaian seperti yang di tulis (pada bagian 1 - 4) bisa juga digunakan untuk membuat lebih irit bahan bakarnya (dibuat supaya bahan bakar yang disemprotkan bisa lebih sedikit dibandingkan jika tidak ada rangkaian piggyback ini). Lewat tulisan ini semoga harapan tersebut bisa terjawab.

Pada prinsipnya, tulisan di bag. 1 - 4, dikhususkan untuk membuat bahan bakar lebih gemuk, alias lebih boros sedikit. Karena memang rangkaian op-amp tersebut hanya bisa membuat keluaran rangkaian yang menghasilkan tegangan yang lebih tinggi dari tegangan MAP sensor, gradien lebih dari 1 (m > 1). Pertanyaannya adalah, bagaimana jika diinginkan gradien (m) antara 0 s/d 1. Gambar dibawah bisa menyelesaikan permasalahan di atas. Kita bisa mengatur gradien (m) berkisar 0.1 s/d 2, dan mengatur variabel c berkisar antara -5 s/d 5, pada persamaan y = mx + c, x adalah input rangkaian (Vmap), y adalah output rangkaian (Vout).

Sehingga dengan rangkaian ini maka kita bisa membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih boros ataupun membuat lebih kurus.



Perhitungan/kalkulasi secara otomatis bisa dilakukan dengan menggunakan software ini. atau kalau ingin mencoba menghitung sendiri, bisa di lihat sejarah perhitungannya dilihat disini.

Semoga bermanfaat !

1 komentar:

Unknown mengatakan...

cara pemasangannya gimana gan? soalnya saya belum ngerti dimana sensor mapnya berada

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes