Selasa, 31 Mei 2011

Test Ride Honda Spacy, Nyaman dan Lega Buat Harian!

Belum puas juga riding bersama Honda Spacy, awal perkenalan sudah langsung nyemplak. Terus dilanjutkan dengan sesi uji coba dengan alat ukur. Tapi kalau belum digeber untuk harian kok rasanya belum lengkap. Nah kali ini sesi test ride Honda Spacy dalam perjalanan harian!

Fitur, Bagasi Ekstra Lega!

Urusan fitur akomodasi, benar-benar sesuai namanya! Spacy artinya luas, semuanya terasa luas bahkan lebih luas dari sang kakak Honda Vario. Di bawah jok, bagasi 18 liternya selain muat satu helm full face, juga masih mampu di jejali dua set jas hujan!

Tapi harus pandai mensiasati ruang. Satu jas hujan bisa dimasukan ke dalam helm dan satu lagi disisipkan di sisi samping helm. Selain bagasi, konsol di bawah setang juga lumayan untuk menyimpan sarung tangan atau bawaan lain yang ukurannya enggak terlalu besar.

Masalah ruang lega untuk penumpang juga lebih dari cukup, ruang kaki dan jok baik untuk pengendara maupun boncenger cukup lega. Tapi ingat, jangan mentang-mentang lega malah dipakai buat boncengan lebih dari dua orang!

Tanki bahan bakarnya pun didesain anti tumpah saat melakukan pengisian. Sudah ada jalur pembuangan dari karet untuk bensin yang luber saat mengisi di SPBU.

Yang menarik, rem parkir atau parking brake lock hadir dengan tuas rem baru, hasilnya mengoperasikannya bisa lebih ringan. Tapi posisi jari tetap harus bersusah payah meraih ke depan.

Performa, Top Speed Mentok 95 km/jam

Suara knalpotnya yang renyah menjadi ciri skubek Honda yang satu ini. Sama seperti BeAT dan Scoopy, mesinnya berangkat dari platform yang sama. Tak heran bila performannya mirip-mirip.

Putaran bawah sampai 60 km/jam bisa dicapai dengan sangat cepat. Buka tutup gas saat melintasi kemacetan jadi lebih mengasyikan! Untuk jarak 200 meter, cukup butuh waktu 13,5 detik. Sedang BeAT bermain di 14 detik.


Mungkin karena tenaga Spacy lebih besar. Di brosur tertulis powernya mencapai 8,54 PS/ 8.000 rpm. Sedang Scoopy hanya 8,22 dan BeAT 8,28 PS diputaran mesin 8.000 rpm.

Tapi top speed-nya jangan berharap banyak. Diatas kecepatan 70 km/jam, jarum speedometer seakan lambat bergerak sampai akhirnya berhenti di angka 95 km/jam (bobot pengendara 75 kg).

Handling, Ground Clereance Rendah Waspada Polisi Tidur

Saat menuntun Spacy keluar parkiran kok terasa sangat berat? Padahal bobotnya hanya 97 kilogram atau lebih berat 7 kilogram dari BeAT. Ooooo, ternyata kelupaan kalau di bawah joknya tersimpan helm full face dan seabrek bawaan lainnya. Belum lagi tankinya yang 5,5 liter terisi penuh pantas saja jadi berat!

Tapi tenang dalam kondisi muatan penuh pun kelincahan handling Spacy tetap hampir menyamai BeAT. Menikung patah tetap mudah dilakukan, jangan khawatir pada kemacetan. Tapi khawatirlah pada polisi tidur!

Ground clereance-nya yang rendah bikin kolong motor khususnya standar tengah akrab dengan polisi tidur. Apalagi bila dipakai boncengan dan berat penumpangnya lebih dari 100 kilogram.

Sedang posisi duduknya yang lebar membuat perjalanan nyaman. Pengendara pun enggak gampang letih karena posisi duduknya tegak. Begitu juga dengan pemboncengnya yang merasakan posisi kaki tetap rileks dan tidak terlalu menekuk.

Konsumsi BBM, Sesuai Klaim Pabrikan

Honda mengklaim konsumsi bahan bakar Spacy mencapai 1:41 kilometer. Ternyata hasil uji sederhana yang dilakukan tim redaksi enggak beda jauh. Menempuh jarak 109,5 kilometer, Spacy warna biru ini hanya menghabiskan pertamax 2,63 liter.

Artinya 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarah 41,63 kilometer. Cara bawa Spacy dalam pengetesan ini pun tidak dibatasi kecepatannya. Kadang geber, kadang berhenti di kemacetan dengan bobot pengendara 75 kilogram. (motorplus-online.com)

Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Fotografer : Popo

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes