Sistem suspensi dipasang diantara rangka kendaraan dengan poros roda, supaya getaran atau goncangan yang terjadi tidak diteruskan kebody.
SPRUNG WEIGHT DAN UNSPRUNG WEIGHT
Pada umumnya dapat dikatakan bahwa makin besar sprung weightnya
dari suatu kendaraan akan menjadikannya makin baik karena tendensi
body untuk terguncang akan menjadi berkurang. Sebaliknya unsprung
weight yang terlalu besar cenderung menyebabkan body mudah terguncang.
Oskilasi dan bergoyangnya bagian pegas dari kendaraan terutama body
berpengaruh besar pada kenikmatan kendaraan.
OSKILASI SPRUNG WEIGHT terdiri dari :
PITCHING
� adalah oskilasi turun-naik bagian depan dan belakang berhubungan dengan
titik berat depan dan belakang kendaraan.
Hal ini terjadi kususnya bila kendaraan melalui jalan yang kasar yang banyak
berlubang. Pitching juga lebih mudah terjadi pada kendaraan yang pegasnya lemah
dibandingkan yang pegasnya lebih keras.
BERGULIR (ROLLING)
�Ketika kendaraan membelok atau melalui jalan yang bergelombang. Salah satu pegas satu sisi kendaraan mengembang dan pada sisi lainnya mengkerut. Hal ini mengakibatkan body berputar(Rolling) dalam arah yang lurus(dari sisi kesisi).
*MELAMBUNG (BOUNCHING) adalah gerakan naik-turunnya body kendaraan secara keseluruhan. Bila kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi melalui jalan yang bergelombang, maka seolah-olah terjadi gerakan naik-turun. Juga mudah terjadi bila keadaan pegas-pegas lemah
*ZIG-ZAG (YAWING)
�adalah gerakan body kendaraan arah memanjang, kekanan dan ke kiri terhadap titik tengah(centerline). Pada permukaan jalan dimana terjadinya pitching seperti juga terjadi yawing.
OSKILASI UNSPRUNG WEIGHT terdiri dari:
Hopping adalah gerakan melambung(bounching) roda-roda keatas dan kebawah yang biasanyaterjadipadajalan-jalanyang berombakpadakecepatansedangdantinggi.
Tramping adalah gerakan oskilasi turun-naik pada arah yang berlawanan pada roda-roda kiri dan kanan, menyebabkan roda-roda kiri dan kanan melompat terhadap permukaan jalan. Keadaan ini mudah terjadi pada kendaraan yang menggunakan suspensi poros rigid (rigid axle suspension).
Wind-Up adalah gejala dimana pegas daun melintir disekeliling poros yang disebabkan momen penggerak(driving torque) kendaraan.
0 komentar:
Posting Komentar