Senin, 08 November 2010

Sistem EFI pada mobil

EFI ( Electronics Fuel Injection ) adalah sistem yang mencampurkan bahan bakar dengan cara di semprotkan dengan sistem elektrik .
  • Sistem pengiriman bahan bakar terdiri dari
    tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar, pengiriman bahan bakar
    pipa (kereta bahan bakar), injeksi bahan bakar, tekanan bahan bakar
    regulator, dan kembali pipa bahan bakar .
Cara Kerja sistem EFI :
  • Saat Penginjeksian (Injection Timing) dan Lamanya Penginjeksian Terdapat beberapa tipe penginjeksian (penyemprotan) dalam sistem EFI (khususnya yang mempunyai jumlah silinder dua atau lebih), diantaranya tipe injeksi serentak (simoultaneous injection) dan tipe injeksi terpisah (independent injection). Tipe injeksi serentak yaitu saat penginjeksian terjadi secara bersamaan, sedangkan tipe injeksi terpisah yaitu saat penginjeksian setiap injektor berbeda antara satu dengan yang lainnya, biasanya sesuai dengan urutan pengapian atau firing order (FO). Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa penginjeksian pada motor bensin pada umumnya dilakukan di ujung intake manifod sebelum inlet valve (katup masuk). Oleh karena itu, saat penginjeksian (injection timing) tidak mesti sama persis dengan percikan bunga api busi, yaitu beberapa derajat sebelum TMA di akhir langkah kompresi. Saat penginjeksian tidak menjadi masalah walau terjadi pada langkah hisap, kompresi, usaha maupun buang karena penginjeksian terjadi sebelum katup masuk. Artinya saat terjadinya penginjeksian tidak langsung masuk ke ruang bakar selama posisi katup masuk masih dalam keadaan menutup. Misalnya untuk mesin 4 silinder dengan tipe injeksi serentak, tentunya saat penginjeksian injektor satu dengan yang lainnya terjadi secara bersamaan. Jika FO mesin tersebut adalah 1 � 3 � 4 � 2, saat terjadi injeksi pada silinder 1 pada langkah hisap, maka pada silinder 3 injeksi terjadi pada satu langkah sebelumnya, yaitu langkah buang. Selanjutnya pada silinder 4 injeksi terjadi pada langkah usaha, dan pada silinder 2 injeksi terjadi pada langkah kompresi. Sedangkan lamanya (duration) penginjeksian akan bervariasi tergantung kondisi kerja mesin. Semakin lama terjadi injeksi, maka jumlah bahan bakar akan semakin banyak pula. Dengan demikian, seiring naiknya putara mesin, maka lamanya injeksi akan semakin bertambah karena bahan bakar yang dibutuhkan semakin banyak. 
Keuntungan Sistem EFI :
  • Seragam Air / Bahan Bakar Distribusi Campuran
    Setiap silinder memiliki injector sendiri yang
    memberikan bahan bakar langsung ke katup intake. Ini
    menghilangkan kebutuhan bahan bakar untuk melakukan perjalanan melalui
    intake manifold, meningkatkan silinder untuk
    silinder distribusi.
  • Sangat Akurat Air / Fuel Ratio Control
    Sepanjang Semua Kondisi Operasi Mesin

    EFI memasok akurat udara terus menerus / bahan bakar
    rasio mesin tidak peduli apa operasi
    kondisi yang ditemukan. Ini memberikan
    lebih baik driveability, ekonomi bahan bakar, dan
    kontrol emisi.
  • Superior Throttle Respon dan Power
    Dengan memberikan bahan bakar langsung di belakang
    katup intake, desain intake manifold bisa
    dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan udara di
    asupan katup. Hal ini meningkatkan torsi dan
    throttle respon
  • Excellent Bahan Bakar Ekonomi Dengan
    Peningkatan Emisi Kontrol

    Dingin mesin dan throttle terbuka lebar
    pengayaan dapat dikurangi dengan EFI
    mesin karena bahan bakar pelumpuran di intake
    manifold tidak menjadi masalah. Hal ini mengakibatkan
    lebih baik secara keseluruhan bahan bakar ekonomi dan peningkatan
    kontrol emisi.
  • Peningkatan Dingin Engine
    Startability dan Operasi

    Kombinasi atomisasi bahan bakar yang lebih baik
    dan injeksi langsung pada intake valve
    meningkatkan kemampuan untuk memulai dan menjalankan dingin
    mesin
  • Mekanika sederhana,
    Mengurangi Sensitivitas Penyesuaian

    Sistem EFI tidak bergantung pada setiap utama
    penyesuaian untuk pengayaan dingin atau bahan bakar
    metering. Karena sistem
    mekanis sederhana, pemeliharaan
    persyaratan yang dikurangi.



     

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes