Kamis, 13 September 2012

Honda Jazz Generasi Kedua



Honda Jazz Generasi Pertama



Produsen                                                                  



















Honda
Juga disebut
Honda Jazz
Guangzhou-Honda Fit Sport
Masa dalam produksi
2001–2008
2006-2008 (Amerika Utara)
Perakitan
Guangzhou, China
Thailand
Japan
Model sebelumnya
Honda Logo
Bentuk kerangka
hatchback 5 pintu
Layout
Mesin depan, penggerak roda depan/ penggerak empat roda
Platform
Global Small Car; GD1/2/3/4
Mesin
L12A i-DSI 1.2L I4
L13A i-DSI 1.3L I4
L15A i-DSI 1.5L I4
L15A VTEC 1.5L I4
Transmisi
5 speed manual
5 speedotomatis
CVT / CVT-7
Jarak sumbu roda
2.450 mm (96.5 in)
Panjang
3.845 mm (151.4 in)
1.574 in (40,000 mm) (U.S. & Canada)
Lebar
1.675 mm (65.9 in)
Tinggi
1.525 mm (60.0 in)
Berat kosong
1.084 kg (2,390 lb) for 1.4 L LS with manual transmission
Mobil terkait
Honda Airwave
Honda City

Honda Jazz memulai debutnya pada tahun 2001 di Jepang, kemudian di Eropa dan Australia tahun 2002, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara tahun 2003, China tahun 2004, danMeksiko tahun 2005. Mobil ini sendiri baru dipasarkan di Kanada dan AS tahun 2006. Di Indonesia sendiri dijual akhir tahun 2003.
Model
Honda Jazz dijual dalam 6 variasi (semuanya mesin 4 silinder segaris), antara lain:
  • GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
  • GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (hanya Jepang)
  • GD3: 1.5 L L15A 2WD
  • GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (hanya Kanada, AS,Meksiko dan indonesia)
  • GD5: 1.5 L L15A 4WD (hanya Jepang)
  • GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (hanya Eropa)
  • GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (dibuat di China)
[sunting] Mesin
Tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Semua mesin Honda Jazz sudak menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.
[sunting] Transmisi
Transmisi Honda Jazz menggunakan manual 5 speed, otomatis 5 speed, dan CVT (Continuously Variable Transmission) sesuai dengan area. Transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat. Transmisi CVT-7 dikontrol menggunakan paddle shift yang diletakkan di belakang kemudi.
[sunting] Keamanan
Varian Honda Jazz tertinggi, VTEC ABS/ SRS dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA(Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah 2 kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.
[sunting] Akomodasi
Honda Jazz memiliki akomodasi yang luas meski ruang kabinnya kecil. Hal itu karena Honda menempatkan tangki BBM di bawah kursi penumpang depan, sehingga bagian belakang lebih lega. Fleksibilitas yang tinggi ini dinamakan Ultra Seat, dan memiliki 3 mode yaitu utility mode (dengan melipat kursi belakang akan menciptakan ruangan yang datar), long-cargo mode (dengan melipat sebagian kursi belakang dan kursi penumpang depan sehingga memuat barang yang panjang s/d 2.4 meter), dan tall-cargo mode (dengan melipat dudukan kursi belakang, didapatkan tinggi maks. 1.3 meter)

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes