Jadwal perawatan berkala sistem kelistrikan sepeda motor yang dibahas berikut ini adalah berdasarkan kondisi umum, artinya sepeda motor dioperasikan dalam keadaan biasa (normal). Pemeriksaan dan perawatan berkala sebaiknya rentang operasinya diperpendek sampai 50% jika sepeda motor dioperasikan pada kondisi jalan yang berdebu dan pemakaian berat (diforsir).
Tabel di bawah ini menunjukkan jadwal perawatan berkala sistem kelistrikan yang sebaiknya dilaksanakan demi kelancaran dan pelakaian yang hemat atas sepeda motor yang bersangkutan. Pelaksanaan servis dapat dilaksanakan dengan melihat jarak tempuh atau waktu, tinggal dipilih mana yang lebih dahulu dicapai.
Tabel di bawah ini menunjukkan jadwal perawatan berkala sistem kelistrikan yang sebaiknya dilaksanakan demi kelancaran dan pelakaian yang hemat atas sepeda motor yang bersangkutan. Pelaksanaan servis dapat dilaksanakan dengan melihat jarak tempuh atau waktu, tinggal dipilih mana yang lebih dahulu dicapai.
No
|
Bagian Yang
Diservis |
Tindakan setiap dicapai jarak tempuh
|
1. | Baterai (Aki) |
Periksa baterai setelah menempuh jarak
500 km, 2.000 km, 4.000 km dan seterusnya setiap 1.000 km atau setiap 1 bulan |
2. | Busi |
Periksa dan bersihkan busi setelah
menempuh jarak 500 km, 2.000 km, 4.000 km dan seterusnya ganti setiap 5.000 km |
3. |
Platina (khusus
pengapian dengan platina) |
Periksa, bersihkan, stel atau ganti bila
perlu setelah menempuh jarak 500 km, 1.500 km, 5.000 km, dan seterusnya setiap 5.000 km |
4. | Saklar lampu rem |
Periksa dan stel atau ganti (bila perlu)
saklar lampu rem setelah menempuh jarak 500 km, 2.000 km, 4.000 km, 8.000 km dan seterusnya setiap 2.000 km |
5. |
Arah sinar lampu
depan |
Periksa dan stel (bila perlu) arah sinar
lampu setelah menempuh jarak 500 km, 2.000 km, 4.000 km, 8.000 km dan seterusnya setiap 2.000 km |
6. |
Lampu-lampu dan
klakson |
Periksa dan stel (bila perlu) saklar lampu
rem setelah menempuh jarak 500 km, 2.000 km, 4.000 km, 8.000 km dan seterusnya setiap 2.000 km |
0 komentar:
Posting Komentar