Kamis, 08 Maret 2012

sistem EFI

artikel sistem efi


Perkembangan otomotif di tuntut lebih irit


Perkembangan otomotifSering kita jumpai pada saat itu, mobil-mobil dengan tingkat konsumsi bahan bakarnya boros: satu liter hanya untuk tiga kilometer. Anehnya, orang tak ambil pusing dan menganggap kejadian seperti itu biasa saja, karena harga bensin waktu itu boleh dikatakan masih murah. Mesin-mesin yang �doyan bensin� waktu itu, di antaranya adalah truk General Motor Company (GMC) dan Chevrolet buatan Amerika Serikat, begitu laku keras. Biar boros bensin, tak masalah! Ditambah lagi, kondisi jalan saat itu yang banyak belum beraspal, membutuhkan mesin kuat yang bisa memberi tenaga spontan seperti truk-truk di atas. Namun keadaan seperti itu berbalik 180 derajat pada saat ini, setelah harga bahan bakar (BB) melonjak dan persediaan minyak bumi juga kian menipis. Teknologi mesin pun serta merta dipaksa untuk adu irit, seiring dengan itu masyarakat yang sudah terbiasa dimanja berbagai fasilitas pun terus menuntut agar mobil baru semakin hari semakin irit.
Ahli-ahli teknologi mesin pun menjawab: boleh-boleh saja mesin semakin irit, namun toh tetap harus bertenaga. Maka, dapat kita saksikan bagaimana industri mesin otomotif berpacu dengan teknologi baru, dan sekaligus mengalami perkembangan yang cukup mengesankan. Belum lagi ditambah faktor jalanan raya yang semakin hari semakin mulus. Tuntutan akan mobil yang irit BB namun bertenaga besar pun semakin menjadi kenyataan. Truk-truk besar, yang tadinya menggunakan bensin, saat ini lebih banyak memakai bahan bakar solar yang lebih murah, namun lebih efisien dan menghasilkan tenaga besar. Perubahan ini terjadi begitu cepat. Tidak jarang terjadi, dalam waktu relatif singkat, sudah bermunculan teknologi baru untuk meningkatkan kinerja mesin.
Kalau dahulu banyak mesin dengan RPM rendah yang ditandai dengan conrod yang panjang (stang sekher), maka sekarang mobil menggunakan mesin dengan stang sekher yang pendek, yang memungkinkan mesin berputar pada RPM tinggi. Hasilnya, tenaga mesin meningkat akan tetapi lebih irit BB. Mesin-mesin masa kini secara fisik tampaknya kecil, akan tetapi dalam kinerja ternyata menghasilkan tenaga yang begitu besar. Sistem pemasukan Kalau diteliti lebih lanjut, tampak bahwa upaya atau konsentrasi para ahli teknologi mesin tersebut diarahkan pada sistem pemasukan bahan bakar. Komponen di bagian ini direkayasa sedemikian rupa sehingga BB yang biasanya 25% energi panas untuk menggerakkan mesin, dapat ditingkatkan. Umpamanya, mubasirnya 34% yang dibuang lewat knalpot, 32% diisap kembali oleh sistem pendinginan mesin, dan lainnya sebesar 9% dapat dikurangi. Jumlah lubang klep diperbanyak, memang diperlukan untuk mempercepat pemasukan BB dan udara. Mekanisme penggerap klep juga banyak mengalami rekayasa. Kita menjadi terbiasa mendengar mesin dengan 16 klep (valve) untuk 4 silinder maupun 24 klep untuk 6 silinder. Kemudian diikuti dengan mesin yang menggunakan cam shaft (noker as) lebih dari satu, nama populernya DOHC (Double Overhead Cam rhaft) atau twincam. Continue Reading
Posted in Berita Otomotif, Mobil terbaru, Teknologi modern :: Kata Kunci: , , , , , , bentuk-bentuk perang dingin, sistem efi pada mobil, cara kerja mesin efi, artikel bioteknologi modern, bentuk perang dingin, cara kerja Sistem EFI, sistem efi toyota, artikel efi, efi pada mobil, cara kerja mesin efi pada mobil, artikel teknologi informasi dan komunikasi komputer, perkembangan hidrolik, sedan murah irit, cara kerja sistem pendingin, sensor sensor pada efi, perkembangan otomotif, cara kerja sistem pendingin pada mobil, jual nissan cedric, Bentuk bentuk perang dingin, mesin efi pada mobil, Mesin corolla dx, sensor efi, sistem pendingin mesin mobil, artikel komputer dan masyarakat, bursa truk bekas, cara kerja mesin sepeda motor, kemajuan otomotif, konsumsi bensin corolla ae112, perkembangan teknologi persenjataan pada masa perang dingin, sedan bekas irit bbm, sistem pengapian elektronik mobil, teknologi mesin mobil terbaru, artikel penggunaan teknologi informasi terkini, artikel sistem efi, bahan bakar toyota yaris, bentuk perang teknologi, cara kerja sensor pada mesin efi, sistem kemudi, cara kerja mesin boiler, komunitas toyota dx, makalah mesin EFI, masalah corolla dx, sensor efi pada mobil, efi bensin, cara kerja sistem pelumasan mobil, perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak, truk bekas surabaya, artikel tentang efi, cara kerja mobil efi, Cara memasang ac mobil

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes