Minggu, 18 Maret 2012

Transmisi Manual Pada Mobil


       Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). 
Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.
 

Cara Kerja Transmisi Manual Mobil
Cara kerja transmisi manual 5 kecepatan.
Posisi Netral (N). Saat posisi netral tenaga dari mesin tidak diteruskan ke poros out put,karena sincromesh dalam keadaan bebas atau tidak terhubung dengan roda gigi tingkat.
 Posisi 1. Jika tuas ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 1. Posisi 1 akan menghasilkan putaran yang lambat tetapi momen pada poros out put besar.
Posiri 2. Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromeshberhubungan dengan roda gigi tingkat no 2. Posisi 2 putaran poros out put lebih cepat dibanding pada posisi 1.
Posisi 3. Jika tuas ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromeshuntuk berkaitan dengan gigi tingkat 3. Posisi 3 akan menghasilkan putaran yang cepat dibanding posisi 2.
Posisi 4. Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromeshberhubungan dengan roda gigi tingkat no 4. Posisi 4 putaran poros out put lebih cepat dibanding pada posisi 3.
Posisi 5. Tuas ditarik ke belakang menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromeshberhubungan dengan roda no 5. Transmisi pada posisi gigi lima kecepatanya paling tinggi tetapi momen yang dihasilkan pada poros out put paling kecil.
 Posisi R. Tuas didorong ke depan menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromeshberhubungan dengan roda gigi R. Antara roda gigi R dan roda gigi pembanding dipasangkan roda gigi idel (idler gear) yang menyebabkan putaran poros input berlawanan arah dengan poros out put.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes