Senin, 30 Juli 2012

10 Hal Yang Membatalkan Puasa

okesharezone - 10 Hal Yang Membatalkan Puasa | Bulan suci Ramadhan, telah dilaksanakan umat muslimin, dengan menahan lapar dan dahaga selama 1 bulan penuh. Puasa 1 bulan penuh, jika kita istilahnya masih ada tak kuat tahan lapar atau puasanya putus-putus. Puasa yang putus-putus, biasanya kita terjadi karena kelemahan kita sendiri, misalkan kita punya gejala lambung atau tidak enak badan pada puasa ramadhan ini. Kebiasaan buruk manusia pada bulan ramadhan, biasanya terjadi karena kelalaian kita, misalnya saja, kita gigit jari atau memasukan ke suatu organ untuk mengunyak yaitu mulut dan gigi, sekali sentuh saja sudah batal.


Namun, banyak juga yang menganggapnya tidak batal. Dari mana? Dari segi pandangan agama Islam, yaitu: Jika kita tidak sengaja melakukan suatu hal yang membuat kita batal, maka kita tidak batal puasanya. Dan jika kita melakukannya dengan kesengajaan, maka kita termasuk kategori batal puasanya. Apakah Anda suka puasanya batal? Dikategorikan, karena seseorang yang tak kuat puasa, biasanya memiliki gejala yang mengganggu kita saat puasa.


Nah, sobat okesharezone yang tercinta, kali ini nih admin mau bagi-bagi ilmu mengenai Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa. Kira-kira seperti apa ya? Simak hal-halnya dibawah ini!


1. Tatapan Mata Antara Lawan Jenis
Tatapan mata, sering dilakukan pada kalangan remaja. Remaja sekarang, memang sangat menyukai dan melakukannya dengan tatapan mata antara lawan jenis. Jadi, apakah pacaran di bulan ptasa itu batal? Tidak. Mengapa? Karena, pacaran yang tidak islami, itu mengundang jiwa-jiwa setan yang menghampiri dan menggoda kita saat sedang berpuasa. Lalu, pacaran yang islami bagaimana? Pacaran yang islami, itu tidak memandang lawan jenis terlalu lama. Apalagi, sasaran 'sara' pada lawan jenis yang diucapkan oleh kita. Itu menjadi suatu hal yang membatalkan puasa.


2. Muntah Disengajakan
Gejala muntah, misalnya teman kita sedang mengalami gejala muntah saat istirahat di sekolahannya. Ia sedang berpuasa, meskipun gejala muntah itu terus menuai kebingungan. Gejala muntah si dia, kemudian disengajakan oleh temannya, dengan cara meniru gayanya si dia. Nah, inilah yang dinamakan muntah disengaja. Muntah disengaja akan membatalkan puasa. Inilah suatu hal yang mencakup hal-hal yang membatalkan puasa.


3. Makan Dan Minum Dengan Sengaja

Memasukan makanan atau minuman ke dalam mulut biarpun sedikit saat sedang puasa termasuk benda lain seperti pulpen, kerikil yang sengaja di masukan dalam mulut lalu ditelan saat menjalankan puasa bisa membatalkan puasa



4. Bersenggama siang hari

Melakukan hubungan suami istri saat puasa, mulai dari terbit fajar (setelah sahur) maka bisa membatalkan puasa, kalau Cuma mencium istri tidak menyebabkan puasa batal asal jangan sampa keluar sperma, karena hal itu sama dengan mengeluarkan sperma dengan sengaja.



5. Mengeluarkan sperma dengan sengaja (dikocok)

Mengeluarkan sperma (air mani) dengan sengaja bisa membatalkan puasa seperti (mengocok) lalu keluar sperma atau seperti mencium istri yang bisa menyebabkan keluarnya sperma dan sebagainya.



6. Haid Dan Nifas

Keluarnya darah haid bagi wanita termasuk darah nifas (melahirkan) tidak boleh berpuasa karena puasanya tidak sah dengan kondisi seperti itu. Gejala wanita ini, jika dilakukan dengan berlanjut puasa, akan tidak sah bila kondisi organ intim wanita seperti itu.



7. Merokok

Merukok juga tidak diperkenankan saat puasa, karena sama dengan memasukan sesuatu dalam mulut bahkan bisa menimbulkan kenikmatan.



8. Murtad

Murtad (orang yang keluar dari islam), nah ini termasuk juga dari hal yang membatalkan puasa. Apalagi, jika kita murtad dadakan, atau baru saja, atau baru tadi, itu akan membatalkan puasa dengan kesengajaan maupun tidak sengaja.



9. Memasukan Suntikan (Berupa Makanan)

Dalam hal ini ada banyak pendapat, meskipun suntikan ini tidak dimasukan melalui mulut namun jika suntikan itu berupa makanan yang tujuannya untuk meberikan makanan yang bersifat menyegarkan dan mengenyangkan bisa merusak puasa.



10. Memasukan Air Drai Dubur (lubang Belakang)

Hal yang masuk kedalam perut baik melalui mulut atau dubur tidak diperbolehkan seperti kentut dalam air dengan sengaja bisa menyebabkan air masuk.



[admin]

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes