Senin, 30 Juli 2012

Priyo Tunggu Aksi Koboi Dahlan Selesaikan Konflik di Sumsel



okesharezone - Priyo Tunggu Aksi Koboi Dahlan Selesaikan Konflik di Sumsel | Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso berharap, Menteri BUMN Dahlan Iskan bisa menyelesaikan kasur PT Perkebunan Nusantara (PN) VII dengan warga di desa Limbang Jaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kasus ini sebelumnya mengakibatkan seorang anak tewas dan beberapa orang mengalami luka tembak setelah terjadi bentrok antara warga dengan polisi.


"Saatnya PTPN berbenah dan ada baiknya menteri BUMN menoleh perhatian pada hal ini. Beliau selama ini sudah bagus dengan aksi koboinya," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/7).


Menurut Priyo, terjadinya konflik antara warga dengan polisi di Ogan Hilir menjadi tanggung jawab komandan di lapangan. Polisi harus menjelaskan terjadinya konflik ini.


"Saya tidak tahu apakah ini satuan setingkat Polres, Polda atau setingkat komandan Brimob setempat, saya tidak tahu, tapi itu harus menjelaskan termasuk melaporkan ihwal semuanya kepada pimpinan Polri di Jakarta," ujar Priyo.


Priyo melihat ada keganjilan polisi dalam mengamankan kasus ini. Menurut Priyo, satuan Brimob adalah pasukan elite di polisi, biasanya baru diturunkan ketika kondisi kritis dan darurat.


"Memang ada ganjil kalau hanya kepada masyarakat di sekitar PTPN kemudian harus menggunakan satuan elite," ujar dia.


Padahal, dalam mengamankan aksi polisi punya tahapan-tahapan dalam penanganan massa yang anarkis. Polisi sebaiknya mengedepankan tindakan persuasif.


"Sehingga saya agak terkejut sampai jatuh korban. Perlu diinvestigasi dan diselidiki apakah benar yang jatuh korban itu tertembak dengan peluru tajam, atau tidak," ujar dia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes