Minggu, 29 Juli 2012

DRIVE SHAFT

 


Ada dua jenis kombinasi drive shaft yaitu. 
-Birfield joint (B. J.), Tripod joint (T. J.) 
-Brifield joint (B. J.), Double offset joint (D. O. J.). 
Masing-masing tipe mempunyai tingkat efisiensi power transmission yang tinggi dan tingkat getaran serta noiser yang rendah. Knuckle has mempunyai wheel bearing dan hub yang di-press-fitted. Drive shaft dan hub bentuknya adalah spline-coupled. Tujuannya agar transaxle lebih efisien dan getaran dan suara yang ditimbulkannya juga sedikit. dynamic damper dipakai oleh tipe BJ-TJ dan letaknya ada diantara BJ assembly dan TJ assembly berguna mengurangi getaran pada saat kecepatan tinggi.

T.J. : TRIPOD JOINT
B.J. : BIRFIELD JOINT
D.O.J. : DOUBLE OFF-SET JOINT
B. J. / T. J. / D. O. J.
B. J. dipasang pada shaft daerah samping roda, karena tingkat defleksinya cukup besar pada saat kemudi diputar maka dipasang T. J. atau D. O. J. pada transmisi, T.J atau D.O.J ini dapat bergerak pada porosnya untuk menyerap perubahan jarak diantara joint yang disebabkan oleh pergerakan suspensi.
Bentuk inner race, outer race dan cage antara B. J. dan D. O. T. atau T. J. berbeda satu sama lainnya.
B. J. mempunyai karakteristik tingkat velositas yang tetap meskipun sudut putar shaft lebih dari 45 derajat. Sedangkan pada D. O. J. dan T. J. hanya bisa mengijinkan shaft untuk sisi samping maksimal 38 mm dan sudut putarnya maksimal adalah sekitar 22 derajat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes