Kamis, 19 Juli 2012

Awas! Busi Palsu Bisa Bikin Mesin Jebol!!


Anda pernah mengalami mesin motor kesayangan mogok sehabis ganti busi baru? Atau performa mesin jadi enggak karuan atau bahkan jebol? Wah, bukan tidak mungkin itu disebabkan oleh busi yang dipakai. Seperti yang dialami Meldian, warga Tebet, Jaksel pada Honda Supra X 125 2005 miliknya.

“Baru sehari ganti busi, besoknya motor mogok di jalan. Usut punya usut, ternyata businya mati. Rupanya busi yang saya gunakan adalah busi palsu. Meski kemasannya mirip kayak busi asli Honda,” tutur Meldian.

Ternyata bukan cuma busi palsu saja yang bisa menyebabkan mesin bermasalah. Dari hasil riset yang dilakukan oleh pabrikan busi Denso Jepang, baik pemercik api di ruang bakar abal-abal yang dibuat mirip kayak busi branded sekelas Denso, NGK dan sebagainya maupun busi buatan Cina yang belakangan marak masuk Indonesia mengusung material yang tidak tahan panas.

“Kala mesin digeber di putaran tinggi dalam waktu lama, center electroda busi maupun batang ground electroda akan mencair sedikit demi sedikit. Sehingga lama-lama membuat gap-nya makin lebar dan pengapian jadi kacau. Kondisi seperti ini dapat membahayakan mesin. Bisa bikin piston bolong,” terang Toshikazu Shimizu, group leader engine control components Eng. Dept Denso Co. Japan saat OTOMOTIF bentandang ke pabrik busi Denso di Daian, Jepang.





INFO PENTING:
Hati-hati khususnya bagi pengguna dan yang ingin membeli busi NGK iridium.
saya dan bro reza telah menemukan Busi iridium Palsu, sesuai dengan informasi bro reza yang posisi berada di bogor, beliau menemukan busi NGK iridium palsu buatan cina..
dari sekelias dilihat kasat mata hampir tidak ada perbedaan yang mencolok, namun jika di lihat lebih jelas lagi akan tampak perbedaannya baik dari kardus pembungkusnya maupun dari busi nya. namun saya hanya tahu dari kardus pembungkus busi tersebut. sedangkan dari businya blum mendapatkan info yang pasti.
akan saya bandingkan dengan yang asli.

Persamaan Produk asli dan palsu:
1. kemasaan sekilas mirip dengan busi NGK Iridium asli
baik dari segi tulisan dan warnanya "warna biru dan tulisan "IRIDIUM IX""
2. Terdapat lambang merah NGK

perbedaan produk asli dan palsu: A= asli & P=palsu
1. A=warna biru pada kardus pembungkus lebih terang.
P= warna biru pada kardus pembungkus jauh lebih pudar
2. A= terdapat lambang NGK warna merah di kardus dengan tulisan NGK
P= Terdapat lambang NGK warna merah di kardus dengan tulisan "cina"
3. A= Harga NGK Iridium Asli lebih mahal 90-100rb
P= Diperkirakan oleh bro reza harga berkisar 50-70rban.



ciri lain busi palsu:
1. biasanya warnannya lebih mengkilap dibanding yg asli ( Asli lebih butek).
2. Harga lebih murah, biasanya sampe setengahnya di banding asli.
3. Ringnya mudah di buka ( yang asli susah dibuka).
4. Drat busi lebih kecil ( rapat) dari aslinya.

Di Indonesia sekarang banyak beredar busi dari negeri tirai bambu. Menurut sumber dari Denso hampir semua busi yang berasl dari china yang masuk Indonesia tidak lulus uji laboratorium Denso Jepang. beberapa kelemahan busi yang berasal dari cina adalah. material yang tidak tahan karat, kepala busi mudah meleleh, kode tidak sesuai dengan tipe busi ( misal busi tipe R yang harusnya ada penahan radiasi gelombang elektromagnetik pada busi china ternyata tidak berfungsi sama sekali). 

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes