Rabu, 18 Juli 2012

Cara Penyetelan Slow Jet, Air Bleeder dan Economizer Jet


Slow Jet
Jumlah bahan bakar yang disupply untuk primary low speed circuit, dikontrol oleh slow jet, bahan bakar tersebut dialirkan melalui slow jet kemudian melalui slow jet kemudian melewati sekrup penyetel campuran dan masuk ke dalam silinder.
Catatan :
  1. Bila slow jet tidak dikeraskan secukupnya akan terdapat kebocoran bahan bakar disekitar baut slow jet, ini akan menambah jumlah bahan bakar yang disalurkan, sehingga akan mengakibatkan campuran yang tidak sesuai lagi.
  2. Diameter dalam slow jet terlalu kecil , misalnya akibat adanya kotoran,  hal ini akan menyebabkan putaran mesin kasar.
Air Bleeder
Pada karburator double barrel  ada 2 air bleeder. Pada primary low speed circuit terdapat dua air bleeder, yaitu air bleeder no 1 (primary air bleeder) dan no 2 (secondary air bleeder). Air bleeder tersebut untuk membantu atomisasi bahan bakar untuk bercampur dengan udara.
Note :
Bila air bleeder tersumbat, udara tidak mampu untuk mencampur bahan bakar yang akan disalurkan oleh idle dan slow port. Hal ini akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi kaya.
Economizer Jet
Agar diperoleh campuran yang baik antara bahan bakar dan udara dari air bleeder 1 dan 2 kecepatan aliran bahan bakar harus ditambah. Untuk menambah kecepatan aliran bahan bakar digunakan economizer

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes