Rabu, 18 Juli 2012

Celah Piston


Pada saat torak menjadi panas akan terjadi sedikit pemuaian dan mengakibatkan diameternya bertambah. Untuk mencegah hal ini pada mesin harus ada semacam celah yaitu jarak yang disediakan untuk temperatur ruang lebih kurang 25 C , antara torak dan silinder. Jarak ini disebut celah torak (piston clearance)
Celah torak bervariasi dan ini tergantung dari model mesinnya, dan umumnya antara 0,02-0,12 mm. Bentuk torak agak sedikit tirus, diamater bagian atasnya lebih kecil dibandingkan diameter dibawahnya. Selain itu celah torak bagian atasnya lebih besar dab bagian bawahnya lebih kecil.
celah torakCelah torak penting sekali untuk memperbaiki fungsi mesin dan mendapatkan kemampuan mesin lebih baik. Bila celah terlalu kecil, maka akan tidak ada celah antara torak dan silinder ketika torak panas, hal ini kan menyebabkan torak menekan dinding silinder. Hal ini akan merusak mesin. Sebaliknya bila celah torak berlebihan, tekanan kompresi dan tekanan gas pembakarannya akan menjadi rendah dan akan menurunkan kemampuan mesin.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes