Rabu, 11 Juli 2012

Garis Besar Sistem Bahan Bakar Bensin

Assalamualaikum wr wb, Selamat malam sobat, hehehe, pada kesempatan pada malam hari ini, saya akan share sebuah artikel tentang otomotif, hehehe, lama juga nggak update artikel mengenai otomotif. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai Sistem Bahan Bakar pada kendaraan.
Sistem Bahan Bakar mempunyai definisi atau arti susunan komponen pengolah bahan bakar agar bahan bakar tersebut dapat di bakar oleh mesin sehingga menjadi tenaga. Sistem Bahan Bakar sendiri berfungsi sebagai mencampur bahan bakar ( bensin ) dan udara dan menyalurkan campuran dalam bentuk kabut ke dalam silinder. Jadi, bahan bakar masuk kedalam mesin bukan langsung dalam bentuk cairan bahan bakar ( bensin ).
Garis Besar Sistem Saluran Bahan Bakar pada Mobil (bensin)
Sistem Bahan Bakar mempunyai komponen komponen terpenting yaitu :
  1. Karburator
    Karburator adalah komponen yang berfungsi untuk mengatomisasikan bahan bakar dan udara, sehingga menjadi campuran antara bahan bakar dan udara lalu di salurkan ke mesin (intake manifold)
  2. Tangki Bahan Bakar (fuel tank)
    Sebagai tempat penampungan bahan bakar
  3. Saluran Bahan Bakar (fuel line)
    Menyalurkan bahan bakar dari tangki ke karburator
  4. Charcoal Canister ----> hanya terdapat pada beberapa model saja
    Charcoal canister adalah sebuah komponen, yang berfungsi sebagai penampung sementara uap bensin (HC) dari ruang pelampung karburator dan uap bensin tersebut dikeluarkan dari saluran emission ketika tekanan di dalam tangki naik karena bertambahnya temperatur di dalam internal canister untuk mencegah agar tidak terbuang keluar. Uap bensin yang ditampung oleh charcoal canister dikirim langsung ke intake manifold ruang bakar untuk di bakar pada saat mesin hidup.
  5. Saringan Bahan Bakar (fuel filter)
    Menyaring kotoran, kerak yang berada di tangki agar tidak menganggu pembakaran di dalam mesin.
  6. Pompa Bahan Bakar (fuel pump)
    Memompakan bahan bakar dari tangki ke karburator melalui fuel line atau saluran bahan bakar.
Sistem Bahan Bakar dengan seiring waktu berlalu, teknologi semakin maju sekarang ini ada sistem bahan bakar yang menggunakan elektronik yang namanya adalah ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI), yang prinsipnya yaitu menyalurkan bahan bakar yang telah teratomisasi atau tercampur dengan perbandingan tertentu..., Sistem ini menggunakan elektronik untuk menyemprotkan bahan bakar yang telah tercampur dengan udara dengan porsi / perbandingan tertentu sesuai kebutuhan mesin. Alat yang digunakan untuk memproses EFI disebut ECU ( Electronic Control Unit). Bahan Bakar diinjeksikan oleh injektor karena perintah dari ECU sesuai dengan kebutuhan mesin dan waktu yang tepat.
Saya kali ini tidak menjelaskan secara mendetail, saya share secara garis besar saja agar lebih mudah bagi yang ingin belajar, jika kurang jelas silahkan berikan komentar dengan akun facebook anda, atau akun lain.
Semoga bermanfaat dan selamat belajar ya :D
Wassalamualaikum wr wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes