Sabtu, 21 Juli 2012

Kerja Fuel pump dan Tekanan Bahan bakar



Untuk mengetahui apakah kinerja dari fuel pump baik atau tidak bisa dilihat pada prosedur dibawah ini:
1. Ignition switch posisi OFF.
2. Berikan tegangan positif battery ke terminal pemeriksaan fuel pump untuk memeriksa kerja fuel pump.
Lihat shop manual letak terminal pemeriksaan fuel pump.
3. Dengarkan suara kerja dari fuel pump dekat fuel tank. (tipe fuel pump di dalam fuel tank dan suara sangat susah terdengar tanpa melepas tutup pengisian bahan bakar.)
4. Tekan hose untuk memeriksa adanya tekanan bahan bakar.
Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar
Kebenaran fungsi sistem bahan bakar sangat menentukan kerja engine untuk berputar secara sempurna. Pemeriksaan tekanan bahan bakar digunakan untuk mengetahui kondisi fuel pipe, fuel hose, fuel filter, fuel pressure regulator, fuel pump dan return hose.
1. Kurangi tekanan bahan bakar didalam fuel pipe dan hoses dengan prosedur berikut.
2. Lepas konektor kabel fuel pump.
3. Hidupkan engine sampai engine stall, putar ignition switch ke posisi OFF.
4. Lepas terminal negatif battery.
5. Lepas bolt penghubung fuel line ke fuel delivery pipe.
[PERHATIAN]
Tutuplah hose connection dengan kain lap untuk menghindari cipratan bahan bakar yang disebabkan oleh tekanan bahan bakar di fuel line.
6. Dengan menggunakan fuel pressure gauge adapter, pasanglah fuel pressure gauge ke fuel pressure gauge adaptor. Kencangkan bolt sesuai dengan spesifikasi.
7. Pasang terminal battery negative (-).
8. Berikan tegangan battery ke terminal pemeriksaan fuel pump untuk mengaktifkan fuel pump secara langsung, lalu dengan adanya tekanan bahan bakar, periksa dari adanya kebocoran bahan bakar dari pressure gauge atau dari konektornya.
9. Hidupkan engine dengan putaran idle.
10. Lepaskan vacuum hose dari pressure regulator, dan tutuplah ujung hose. Ukurlah tekanan bahan bakar saat idle.
11. Ukur tekanan bahan bakar saat vacuum hose terpasang pressure regulator.
12 Bila hasil pengukuran pada langkah (10) dan (11) tidak sesuai dengan nilai standar, gunakan table dibawah ini untuk melihat kemungkinan penyebabnya, dan lakukan beberapa perbaikan.
Kondisi
Kemungkinan penyebab
Cara mengatasinya
Tekanan bahan bakar terlalu rendahFuel filter tersumbat
Fuel bocor pada sisi pengembalian, sebab dudukan fuel-pressure regulator longgar.
Tekanan fuel pump rendah
Ganti fuel filter
Ganti fuel pressure regulator
Periksa fuel hose dlm fuel tank dari kebocoran atau ganti fuel pump
Tekanan bahan bakar terlalu tinggiFuel-pressure regulator macet
Fuel return hose atau pipe bengkok atau buntu
Ganti fuel pressure regulator
Perbaiki atau ganti hose atau pipe
Tidak ada perbedaantekanan bahan bakar saat vacuum hose terpasang atau tidak.Buntu, atau rusak pada vacuum hose atau nipple
Mampet atau dudukan fuel pressure regulator longgar
Perbaiki atau ganti vacuum hose atau nipple
Perbaiki atau ganti hose atau pipe
13. Matikan engine dan periksa dari perubahan pembacaan dalam fuel pressure gauge, harus tahan kurang lebih 5 minute.
14. Bila tekanan turun , periksa rata rata penurunannya. Bila tekanan turun perlahan ada kerusakan di injector, bila penurunan terlalu cepat periksa fuel pump
15. Turunkan tekanan dalam fuel line.
16. Lepaskan hose dan gauge.
[PERHATIAN]
Tutupi sambungan hose dengan kain lap untuk menghindari percikan bahan bakar yang disebabkan tekanan pada fuel line.
17. Gantilah O-ring pada ujung hose.
18. Hubungkan fuel hose ke delivery pipe dan kencangkan sesuai dengan spesifikasi.
19. Periksa dari kebocoran.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes