Kamis, 19 Juli 2012

Pemeriksaan dan Perbaikan Sistem Starter Sepeda motor


a. Pemeriksaan Sikat (Brush)
1) Periksa sikat-sikat terhadap kerusakan atau keretakan. Bila sudah rusak, ganti dengan yang baru.
2) Ukur panjang setiap sikat. Jika sudah di bawah batas servis (limit), ganti dengan yang baru.
Batas servis : 4,0 mm
bPemeriksaan Komutator dan Armature
1) Periksa lempengan-lempengan komutator terhadap adanya perubahan warna atau kotor.
a) Bila berubah warna, ganti motor starter karena telah terjadi hubungan singkat (korslet).
b) Bila kotor permukaannya, bersihkan dengan kertas gosok yang halus (sekitar nomor 400) kemudian bersihkan dengan lap kering.
2) Periksa dengan menggunakan multimeter (skala ohmmeter) terhadap adanya kontinuitas diantara tiap lempengan (segmen) komutator (lihat gambar di atas). Bila tidak ada kontinuitas (hubungan), ganti armature.
3) Periksa dengan menggunakan multimeter (skala ohmmeter) terhadap adanya kontinuitas diantara masing-masing lempengan (segmen) komutator dengan poros (as) armature (lihat gambar di atas). Bila tidak ada kontinuitas (hubungan), berarti baik dan bila ada kontinuitas, ganti armature.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes