Minggu, 22 Juli 2012

Rio Haryanto tempati posisi ke-11 lomba balap mobil GP2 Series

Rio Haryanto
Rio Haryanto tempati posisi ke-11

Pebalap nasional berasal dari Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, berhasil menempati posisi ke-11 pada race kedua (sprint race) seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Hockenheim, Jerman. Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay, dalam emailnya yang diterima ANTARA di Semaranf, Minggu malam, menyebutkan, pebalap berusia 19 tahun tersebut mencapai garis finis dengan catatan waktu 41 menit 01,093 detik dari 27 putaran.

Rekan satu tim Rio di Marussia Carlin, Max Chilton, gagal menyentuh garis finis akibat insiden yang menimpa pebalap berasal dari Inggris yang mengharuskan yang bersangkutan keluar dari lomba. "Sebenarnya Rio memasuki garis finis pada urutan ke-13, mungkin karena ada pebalap lain yang terkena penalti sehingga posisi Rio naik ke urutan 11," kata Andy Mailangkay.

Posisi juara direbut pebalap dari tim Lotus GP James Calado dengan catatan waktu 40 menit 18,134 detik, juara kedua direbut pebalap Belanda Guido Van Der Garde dari tim Caterham Racing dengan catatan waktu 40 menit 26,096 detik. Posisi ketiga direbut F Nasr dari tim DAMS dengan catatan waktu 40 menit 35,643 detik, sedangkan F Leimer dari Racing Enggineering menempati posisi keempat dengan catatan 40 menit 40,096 detik, dan kelima Esteban Gutierez (Lotus GP) dengan catatan waktu 40 menit 40,487 detik.

Rio yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) terus berusaha memperbaiki posisinya setelah mobil safety keluar dan pada putaran keempat mengambil alih posisinya Canamasas untuk naik ke urutan 16. Pada lap ke-10 kembali memanfaatkan kesempatan memperbaiki posisinya dan menyusul Gonzales dan naik ke posisi 15 (dari star pada urutan ke-17).

Pada putaran ke-18, Rio dapat mengejar Julian Leal dan memperbaiki catatan waktunya menjadi satu menit 27,262 detik. Pada lima putaran berikutnya, Rio berhasil menempati posisi ke-13 dan pada putaran ke-23 Rio mendapat celah sekaligus pertarungan "wheel to wheel" dari Julian dan membuat posisi Rio naik ke urutan 12. Sampai memasuki garis finis, Rio menempati posisi ke-13 meskipun sempat terjadi pertarungan dengan beberapa pebalap termasuk Davide Valsecchi dari tim DAMS.

Rio Haryanto mengatakan, balap mobil hari ini sangat kompetitif dan dirinya berhasil menjaga kondisi ban untuk bisa dipakai setengah bagian akhir race. "Star saya termasuk buruk sehingga saya harus kehilangan dua posisi," katanya.

www.antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes