Rabu, 18 Juli 2012

Trobel Rem





  Brake Fade atau berkurangnya daya pengereman, alias rem blong tentu membahayakan keselamatan. Namun jika kita paham penyebabnya dan antisipasi yang bisa dilakukan pada sistem rem mobil anda, tentu kejadian tersebut dapat dihindari.


“Ada tiga jenis penyebab brake fade (rem blong)yang terjadi selama kita sedang mengendarai kendaraan,” papar Arif Tri W, Reserch & Development and Product Director, PT Remindo Prima Mitra produsen kampas rem merek RPM Brake.

Yang pertama adalah Pad fade, atau berkurangnya daya pengereman karena brake pad/ lining nya. Penyebabnya karena aplikasi kampas rem yang dibawah spesifikasi kecepatan mobil. Ketika rem terlalu sering digunakan, jika bahan pad tidak sesuai untuk suhu yang tinggi daya pengereman akan menurun.

“Karena bahan kampas rem itu berbeda, dan dengan suhu cukup material dari kampas rem dapat mencair dan daya pengereman secara cepat akan menurun. Dan cara mencegah kejadian ini adalah dengan mengganti kampas sesuai spesifikasi mobil ,” ujar Arif.

Selanjutnya ada gejala Green fade, atau berkurangnya daya pengereman karena kampas rem tak menempel sempurna pada cakram. Hal ini disebabkan oleh pengereman secara keras (hard braking ) pada kampas rem yang baru diganti.

Setelah melakukan hard braking, kondisi kampas rem tidak lagi menyentuh seluruh permukaan  cakram akibat peningkatan suhu pengereman. “Untuk menghindarinya, ada baiknya setelah mengganti kampas hindari pengereman secara agresif yang dapat mengakibatkan hilangnya gesekan,” jelas pria ramah ini.

Dan yang terakhir adalah gejala Fluid fade, atau berkurangnya daya pengereman karena faktor minyak rem. Fluid fade disebabkan oleh minyak rem yang terlalu panas. Serta bisa juga terjadi secara bertahap sebagai akibat dari komponen kampas rem yang mulai memanas, terutama selama pengereman berulang-ulang dari kecepatan tinggi.


Sebelum terjadi gejala Fluid fade, sebaiknya minyak rem dikuras dan diganti dengan minyak baru yang sesuai dengan spesifikasi kekentalan sistem rem.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes