Rabu, 18 Juli 2012

Blok Silinder




Blok Silinder
Blok silinder merupakan inti daripada mesin yang terbuat dari besi tuang. Belakangan ini ada beberapa blok silinder yang dibuat dari paduan aluminium. Seperti kita ketahui, bahwa aluminium ringan dan dapat meradiasikan panas yang lebih efisien dibandingkan dengan besi tuang.
Blok silinder dilengkapi dengan rangka pada bagian luar untuk memberikan kekuatan pada mesin dan membantu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari beberapa lubang tabung silinder, yang didalamnya terdapat torak yang dapat bergerak naik-turun. Silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder dengan meletakkan gasket kepala silinder (perpak/packing) diantara blok silinder dan kepala silinder.
Crankcase terpasang dibagian bawah blok silinder dan poros engkol dan bak oli termasuk crankcase. Poros nok juga diletakkan didalam blok silinder, ini hanya untuk tipe OHV (Over head Valve). Pada mesin modern poros nok berada didalam kepala silinder. Silinder-silinder dikelilingi oleh mantel pendingin  (water jacket) untuk membantu pendinginan. Perlengkapan lainnya seperti starter, altenator, pompa bensin, distributor dipasangkan pada bagian samping blok silinder.
blok silinder

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes