Rabu, 18 Juli 2012

Cara Kerja Kopling Mobil


agian – Bagian Utama Kopling

1. Tuas Pembebas
2. Roda gaya
3. Bantalan tekan
4. Poros kopling
5. Poros engkol
6. Bantalan pilot
7. Plat kopling
8. Pegas diafragma
9. Plat penekan
10. Unit penekan
Cara Kerja Kopling
Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat koplingmenjadi satu-satunya perantara tenaga mesin deng`n Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Plat penekan(Dekrup) bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Bantalan Tekan.
Posisi Terhubung


Pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung / tertekan
Kanvas kopling terjepit diantara roda gaya dan plat penekan, putaran motor dapat dipindahkan ke poros kopling.
Posisi terlepas

Pegas penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga plat kopling bebas dari penekanan.
Kanvas kopling bebas dari penekan/jepitan, putaran motor tidak dapat dipindahkan ke poros kopling.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Blogger Themes