Rabu, 18 Juli 2012

Teknologi Baru, Yamaha Mixture JET-Fuel Injection





Yamaha menghadirkan keajaiban teknologi Fuel Injection (FI) yang unggul dalam kualitas dan pemanfaatan penggunaannya. Yamaha menyebut teknologi FI ini dengan “Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)” yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.
Teknologi FI Yamaha ini bisa memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar Euro3 yang aplikasinya akan dimulai bulan Juli 2013 (menurut AISI Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).
Sebenarnya teknologi FI memang telah diterapkan oleh Yamaha melalui sepeda motor motorsport Yamaha V-Ixion, yaitu motor sport nomor satu di pasar Tanah Air yang diluncurkan pada 2007. Ternyata V-Xion sangat memikat konsumen yang telah terbukti keunggulannya. Yamaha mencatat penjualan V-Xion telah mencapai 766.978 unit dan ini terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga November 2011.
Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin.
Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Blogger Themes